Minggu, 13 September 2020

Pagi Dan Kopi

    Selain Keindahan yang disuguhkan oleh Alam yang indah di Timur tapi cita rasa Kopi lokal yang khas juga selalu mewarnai Pagi. Masyarakat Indonesia TIMUR sangat bergairah untuk mengawali harinya dengan suguhan wangi secangkir kopi yang Setia menyemangati. Kopi Tora Bika Flores Manggarai mempunyai cita Rasa yang khas dengan olahan yang tradisionalnya. Kebiasaan dan bahkan sudah menjadi Bagian dari kebudayaan Manggarai bila dipagi hari sebelum ke ladang para petani pasti disuguhkan dengan secangkir kopi dan ubi. Hal ini sudah menjadi suatu keindahan tersendiri dalam kehidupan sosial di Manggarai. Orang Tua memanfaatkan Pagi hari sebelum beraktivitas dengan Secangkir kopi dan Ubi untuk membentuk keakraban dalam sebuah keluarga. Itulah salah satu manfaat tersembunyi dari Secangkir kopi di Flores Manggarai Nusa Tenggara Timur.

    Indonesia yang kaya akan Budaya Serta hasil Buminya selalu menyapa kekayaanya sebagai kelemahan, hal ini yang menyebabkan potensi lokal tidak termanfaatkan secara maksimal. Karena hal itu Juga konsentrasi pengelolaan Sumber daya Alam lokal Indonesia tidak maksimal. Ketergantungan Pada pola Konsumsi Itu yang membuat Bangsa Indonesia tetap terus saja berkembang. Berharap tangan Kasih Pemerintah dalam pengelolaan Dan pemberdayaan Sumber daya lokal tersebut. Pentingnya pendampingan Pemerintah dalam pengelolaan potensi lokal ini untuk membentuk sistem Dan jejaring agar potensi-potensi hasil tani ini tidak termarginal Dan menjadi sarang didaerahnya. 

    Tidak hanya Kopi tapi masih banyak potensi hasil tani lainya yang Masih mengeram Dan membutuhkan koneksi untuk menjangkau akses sehingga hasil-hasil tani lokal Itu tidak hanya menetas di sarangnya tetapi Juga berjalan mencari suaka Serta pencinta baru. Ditengah era baru ini Pemerintah berakselerasi mengejar ketertinggalan akibat wabah Pandemi yang Tak kunjung berakhir. Milenial Indonesia Timur bersuara agar Pemerintah mulailah berakselerasi dengan potensi-potensi hasil tani lokal bukan hanya Kopi tapi Masih banyak Lainnya.

#umumIndonesia#NusaTenggaraTimur

#ManggaraiRaya

#Kopi Bermanfaat untuk keakraban Keluarga 

#Seruput Kopi Pagi ☕

Penulis: Nedi Rabun


 







 

Tidak ada komentar:

PESTA DEMOKRASI DI DESA YANG BERMUARA PADA FRAGMENTASI SOSIAL MASYARAKAT (STUDI KASUS: DESA SEPANG)

Saya Anak Desa Sepang: Benediktus H. Batang   Saya Benediktus H. Batang generasi masyarakat Desa Sepang yang sedang dalam proses menempuh pe...